TARI PADUPPA, TARIAN PENYAMBUTAN TAMU DI PULAU BUKULIMAU BELITUNG TIMUR

Tari Paduppa adalah tarian yang sering ditampilkan untuk menyambut tamu, tarian ini merupakan salah satu kearifan lokal Bugis-Makassar. Tari Paduppa diiringi dengan musik khas, dibawakan oleh perempuan berbaju bodo, serta gerakan menabur beras yang bermakna penghormatan kepada tamu.

Ditempat asal tari paduppa berasal yaitu Sulawesi Selatan, dahulu tarian ini ditarikan/ditampilkan dihadapan raja-raja dalam suatu acara pesta adat dan perkawinan. Namun seiring perkembangan, tari paduppa dapat ditampilkan pada berbagai acara/event khususnya event-event kepariwisataan dan bisa ditarikan oleh siapa saja (perempuan).

Penampilan tari paduppa bisa disaksikan di Desa Bukulimau (Pulau Bukulimau) Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Tarian tersebut ditampilkan oleh perantau masyarakat bugis yang tinggal di pulau bukulimau untuk menyambut tamu, biasanya tetamu yang berasal dari instansi kepemerintahan serta hajatan yang diadakan oleh mereka.

''melihat penampilan tari paduppa, serasa berada di kampung halaman nan jauh disana tepatnya Sulawesi Selatan. Saya sangat senang sekali melihat penampilan tarian ini''..ungkap Pak Yusuf.

Direktur P4K DJPRL KKP RI Ir. Muhammad Yusuf, M.SI atau Pak Yusuf adalah salah seorang dari rombongan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang melakukan kunjungan kerja di Desa Bukulimau, Kamis (14/10/2021). Pak Yusuf sangat terkesan dengan penampilan tarian paduppa yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan rombongan mereka.

Disamping potensi wisata maritim, pulau bukulimau juga memiliki potensi wisata budaya dan kuliner seperti seni tari (tari paduppa), kuliner khas suku bugis dan kearifan lokal kehidupan masyarakat nelayan suku bugis. Diharapkan potensi tersebut apabila dikemas dan dipromosikan dengan baik, akan berkontribusi besar terhadap kemajuan sektor kepariwisataan di Belitung Timur.
-
Paduppa dance performances could be seen in Bukulimau Village (Bukulimau Island) Manggar District, East Belitung Regency. The dance is performed by Bugis people who live in the island of Bukulimau to welcome the guests who visit their island. The guest usually come from government agencies and others celebration that held by them.

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
Penulis: 
Hardinata
Fotografer: 
Hardinata
Bidang Informasi: 
Kominfo

Berita

19/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
12/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
09/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
27/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
26/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
22/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
20/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
18/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
13/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...

Berita Berdasarkan Kategori