Replika SD Laskar Pelangi

Masih ingat dengan Film Laskar Pelangi yang dirilis pada tahun 2008 ? film laskar pelangi diangkat dari novel yang berjudul Laskar Pelangi, ditulis oleh Andrea Hirata. Film ini sangat booming dinegara kita tercinta bahkan dunia.

Film laskar pelangi menceritakan tentang perjuangan anak - anak di Desa Gantong Kabupaten Belitung Timur dalam menuntut ilmu dibangku sekolah dasar melawan keterbatasan yang ada pada waktu itu.

Pada 1970 di Desa Gantong, terdapat sebuah gedung sekolah SD dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Sekolah ini bernama SD Muhammadiyah Gantong dan menjadi satu-satunya tempat bersekolah anak-anak yang orang tuanya memiliki keterbatasan pada kemampuan ekonomi di desa tersebut.

Untuk kebutuhan syuting pada pembuatan film laskar pelangi, dibangunlah replika SD Muhamadiyah sesuai dengan kondisi bangunan yang diceritakan dalam novel.

Seiring perjalanan waktu, bangunan replika menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik nusantara maupun mancanegara, terutama sebelum pandemi. Bangunan tersebut dijadikan background dan napak tilas perjuangan anak - anak bersekolah seperti didalam film laskar pelangi.

Saat ini, bangunan replika SD Laskar Pelangi terletak di Desa Lenggang Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur..come and explore Belitung Timur..
-
Did you remember Laskar Pelangi (rainbow troops) film which was released on 2008 ? This film is very booming in our beloved country even the world, based on novel entitled Laskar Pelangi written by Andrea Hirata.

Today, tourists can see the replica of elementary school building Laskar Pelangi in Lenggang Village, Gantong District East Belitung Regency

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
Penulis: 
Hardinata
Fotografer: 
Hardinata
Bidang Informasi: 
Kominfo