PELATIHAN PENGELOLAAN DESA WISATA, DI BELITUNG TIMUR

Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Belitung Timur sudah dimulai kemarin (21/10), pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta, mereka adalah pengelola desa wisata se - Kabupaten Belitung Timur. Pelatihan tersebut akan berlangsung selama 3 hari (21 s/d 23) bertempat di Hotel Oasis Manggar.

Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Belitung Timur merupakan bagian dari 7 rangkaian Pelatihan SDM Pariwisata Belitung Timur DAK Non Fisik Tahun 2021.

Untuk optimalisasi pemberian materi sesuai dengan tema pelatihan yaitu pengelolaan desa wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur sebagai panitia penyelenggara kegiatan menghadirkan narasumber yang berkompeten pada manajemen desa wisata.

Dalam paparannya, Grace Wati (Pendamping Desa Kabupaten Belitung Timur) salah seorang narasumber pelatihan pengelolaan Desa Wisata menyebutkan "terdapat 4 tahap dalam mengembangkan desa wisata yaitu rintisan, berkembang, maju dan mandiri'.

''Community Based Tourism, konsep pengembangan komunitas yang akan menguatkan kemampuan komunitas masyarakat di pedesaan dalam rangka mengatur potensi sumber daya pariwisata yang tersedia sambil memastikan keterlibatan komunitas lokal tersebut'' (Jamal & Getz, 1995; Responsible Travel, 2009)..tambah Ibu Grace

Para peserta pelatihan juga diajak Budi Setiawan (salah seorang narasumber pelatihan pengelolaan Desa Wisata) untuk mempersentasikan program-programnya dalam pengelolaan desa wisata di desanya masing-masing. Kemudian, berdiskusi antara peserta dan narasumber untuk mencarikan solusinya secara bersama-sama.

Untuk memajukan desa wisata menjadi destinasi wisata yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan, diperlukan SDM yang memahami cara pengelolaan desa wisata yang baik. Oleh karena itu, diminta para peserta untuk serius mengikuti pelatihan supaya bisa menyerap materi yang disampaikan narasumber kemudian menginplementasikannya nanti.
-
Tourism Village Management Training in East Belitung, this training will be held for 3 days (21 to 23), take place at Oasis Manggar Hotel. Tourism Village Management Training is part of 7 series East Belitung Tourism Training Non-Physical DAK 2021.

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
Penulis: 
Hardinata
Fotografer: 
Hardinata
Bidang Informasi: 
Kominfo

Berita

19/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
12/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
09/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
27/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
26/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
22/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
20/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
18/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
13/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...

Berita Berdasarkan Kategori