Pelatihan Pemandu Wisata di Belitung Timur

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur mengadakan Pelatihan Pemandu Wisata/Pramuwisata (guide) selama 2 hari pada tanggal 4 dan 8 November 2016. Pelatihan ini diikuti sebanyak 30 peserta yang berasal dari pelajar SMA/SMK, pemandu wisata lokal di objek - objek wisata yang ada di Belitung Timur serta staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur. Pelatihan  dimulai dengan pemberian materi pada hari pertama tanggal 4 November 2016 bertempat di Hotel Simpang Empat Manggar dengan menghadirkan narasumber dr. Helly Tjandra selaku Kadis. Budpar Kab. Belitung Timur sekaligus sebagai pemerhati pariwisata dan Agus Pahlevi (pelaku wisata/ketua HPI Bangka Belitung).

Pelatihan pemandu wisata Kab. Belitung Timur pada hari kedua tanggal 8 November 2016 dilanjutkan dengan praktek memandu wisatawan pada objek-objek wisata (guiding on site) dan memandu wisatawan didalam bus yang melewati beberapa perkampungan, keadaan alam serta kegiatan sehari-hari masyarakat belitong di Belitung Timur sepanjang perjalanan menuju objek wisata yang dituju (passing site). Materi pada pelatihan hari kedua ini diberikan oleh Agus Pahlevi yang merupakan salah satu tokoh pariwisata yang berperan pada kemajuan pariwisata di Pulau Belitung. Pelatihan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pemandu dan juga mengajarkan bagaimana menjadi pemandu wisata yang mempunyai wawasan dan etika khususnya pada generasi muda di Belitung Timur. (Nata & Nova_Disbudpar Beltim)

“Kata mereka”

Agus Pahlevi  (Pelaku Wisata/Ketua HPI Bangka Belitung)

Terus menularkan atau berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada generasi muda di Belitung Timur sebagai wujud kontribusi dan rasa cinta saya terhadap perkembangan pariwisata di Pulau Belitung.

Tassya Efrina (Peserta Pelatihan Pemandu Wisata Kab. Belitung Timur)

Mengikuti pelatihan merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi saya, karena bisa belajar banyak baik materi dan praktek dalam memandu wisatawan.

Yodi Febrian (Peserta Pelatihan Pemandu Wisata Kab. Beltim)

Saya sangat serius sekali mengikuti pelatihan ini, inilah kesempatan yang baik bagi saya untuk belajar bagaimana menjadi seorang pemandu wisata (pramuwisata) yang baik.

Ian Tomseh (wisatawan asal Australia)

Keep building the capability and aware of young generation about how important developing tourism sector in East Belitung. Young generation has to learn english if they want to guiding foreign tourists..best program of official training the way of guiding tourist from tourism office.

Sumber: 
Disbudpar Kab. Belitung Timur
Penulis: 
Disbudpar Kab. Belitung Timur

Berita

06/12/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
30/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
30/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
29/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
27/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
24/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
20/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
16/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...