Pasir putih berpadu dengan laut biru dan hamparan batu-batu besar, pemandangan ini dapat dinikmati di pantai pulau pandan

Pantai pulau pandan terletak disebelah pantai punai di Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak - Belitung Timur. Pantai ini miliki pemandangan indah dengan karakteristik pantai berpasir putih berpadu dengan laut biru dan hamparan batu-batu besar serta pulau kecil yang berada didepan garis pantainya. Pantai pulau pandan dimiliki oleh perorangan (privasi), namun pemiliknya memperbolehkan pengunjung untuk datang ke pantai ini, para pengunjung diminta untuk menjaga kebersihan dan properti yang ada.

Pulau kecil tersebut oleh masyarakat setempat dinamakan pulau pandan, pulau ini miliki cerita legenda dimana menurut masyarakat setempat pulau pandan terbentuk dari sebuah kapal besar yang terdampar kemudian menjadi sebuah pulau. Masa kini, proses terdamparnya kapal menjadi sebuah pulau dapat dilihat oleh pengunjung dengan terdapatnya bekas tali temali kapal yang melekat pada batu-batu besar, tali-temali itupun sudah membeku karena dimakan oleh waktu dan menjadi menyatu dengan batu-batu tersebut. Terlepas dari cerita legenda yang ada, wisatawan bisa berkunjung untuk menikmati keindahan pantai ini sambil mengabadikannya dengan berfoto, tentu latarbelakangnya pantai pulau pandan.

Pantai pulau pandan (pulau pandan beach) situated beside of punai beach in Tanjung Kelumpang Village, the District of Simpang Pesak - East Belitung. This beach has an unique characteristic of white shandy beach combined with blue sea, spread boulders and a small island that situated in front of the seashore. Pulau pandan beach is a privacy beach, but the owner of it beach allowed the visitors for coming to his beach, the visitors must be able to keep clean and facilties of the beach such as toilet and his own vacation home.

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
Penulis: 
Hardinata
Fotografer: 
Hardinata
Editor: 
Nanda
Bidang Informasi: 
Kominfo