NGENJUNGAK KANTOR DISBUDPAR BELITUNG TIMUR BARENG SATWA UNIK

Jika biasanya kamu pikir kantor dinas pariwisata cuman sekedar gedung kantor biasa yang membosankan maka kamu bakal kaget banget setelah mengunjungi kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur. Kalau dilihat dari fisik gedungnya saja sudah memikat mata dengan atributnya yang berwarna-warni namun dalamnya juga tidak kalah menarik. Ide menjadikan kantor Disbudpar Beltim sebagai objek wisata unik “Ngenjungak” diresmikan pada tgl 10 Agustus 2016 silam. “Ngenjungak” sendiri dalam Bahasa Belitong artinya melihat-lihat.

Kantor Disbudpar Beltim memiliki berbagai macam koleksi benda-benda yang merupakan ciri khas kebudayaan masyarakat Belitung Timur. Misalnya saja seperti museum kopi mini, hasil kerajinan tangan masyarakat lokal (kain cual), baju adat pernikahan daerah Belitung, alat musik, dll. Tapi menurut saya yang paling unik adalah koleksi satwanya, yaitu buaya, tarsius, dan kura-kura air tawar. Yap, seekor buaya dan tarsius dipelihara di dalam kantor Disbudpar Beltim. 

Buaya sepanjang 2 meter yang diberi nama BON-BON ini terlihat sangat lucu ketika sedang bermain dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur, Bapak dr. Helly Tjandra, DK. MMKes. Bermain yang saya maksud bukan seperti bermain dengan seekor kucing, karena BON-BON dibatasi oleh pagar di sekelilingnya, yang tentunya dibuat demi keamanan, maka kami hanya menggelitiknya saja dengan tongkat hingga mulutnya terbuka lebar. Sayangnya ketika saya yang mendapat giliran untuk mencoba, BON-BON malah menggeliat memercikkan air pada saya, alhasil pakaian saya jadi basah.

BON-BON punya teman kecil yang unik, yang juga tinggal di kantor Disbudpar Beltim, namanya MON-MON, dia adalah seekor tarsius. Tarsius merupakan hewan langka mungil dengan mata besar yang gemar memakan serangga. Kalau MON-MON kesukaannya jangkrik. Hewan ini di habitat aslinya tinggal di antara pepohonan dan berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya dengan cara melompat.

Banyak hal-hal menarik yang bisa kita lihat dan kita pelajari, mulai dari sejarah Belitung Timur, kebudayaannya, hingga tempat-tempat wisata yang mungkin belum kamu tahu ada di Belitung Timur, dan pastinya banyak spot selfie yang keren. Jadi jika berlibur ke Belitung Timur jangan lupa kunjungi BON-BON dan MONMON di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur, lalu yuk samasama kita ngenjungak isi kantor Disbudpar Beltim sambil belajar dan bermain. (BERLIAN/XIS2-06)

Penulis: 
Bernadeta Berlian - SMA Gonzaga (jakarta)
Sumber: 
Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
File: 
AttachmentSize
PDF icon ARTIKEL SASTRA.pdf1.09 MB

Artikel

08/12/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
17/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
27/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
13/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
29/09/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
23/05/2017 | Hardinata
110 kali dilihat
12/08/2016 | Novalita
107 kali dilihat
28/10/2016 | Israul Khairi
85 kali dilihat
02/05/2017 | Bernadeta Berlian - SMA Gonzaga (jakarta)
77 kali dilihat
21/02/2017 | Hardinata
76 kali dilihat