MALAM TRADISI SUNGAI

Kamis malam (28/10/2021), Malam Tradisi Sungai merupakan bagian dari rangkaian acara Event Jelajah Pesona Jalur Rempah/JPJR Belitung Timur Tahun 2021 yang diselenggarakan di Geosite Tebat Rasau Desa Lintang Kecamatan Simpang Renggiang.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur mengatakan ''melalui kegiatan malam tradisi sungai ini, kita akan mengungkap hubungan yang erat antara tradisi sungai dan eksistensi rempah di Pulau Belitong dan Belitung Timur khususnya.

''sungai memiliki arti penting yang sangat besar bagi kebudayaan Melayu Belitong, khususnya di Desa Lintang ini. Dalam padangan kami tradisi tersebut masih terpelihara hingga saat ini. Hal ini merupakan modal kita dalam mengembangkan sektor kepariwisataan terutama disini, di Desa Lintang. Tradisi yang masih ada, terpelihara dengan baik keberadaannya akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung..tambah Pak Evi.

Oleh panitia, menghadirkan 2 narasumber lokal yaitu Abang Nasidi dan Abang Adiguna, S.Hum. Mereka berdua akan berbicara mengenai tradisi sungai, dimana tradisi sungai dibeberapa kampung di Pulau Belitong keberadaannya sudah hilang namun di tebat rasau keberadaannya masih ada hingga kini. Tradisi sungai juga merupakan rumah besar bagi adat melayu belitong.

Pada setiap jeda (coffee break) kegiatan tersebut, terdapat penampilan Betiong Begubang sebagai penghibur dimana Betiong Begubang adalah salah satu seni budaya di Belitung Timur kepada peserta dan tamu undangan. Peserta pada Malam Tradisi Rempah berasal dari komunitas, Guru IPS/Sejarah, Forum Kedukunan Adat Belitong dan masyarakat Belitung Timur serta tokoh adat di Desa Lintang.

JPJR Belitung Timur adalah satu-satunya event di Prov. Bangka Belitung yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Event ini dilaksanakan secara hibrid dalam jaringan (daring) dan luar jaringan dan selalu menerapkan protokol kesehatan pada pesertanya, narasumber serta penonton.

Event JPJR Belitung Timur diharapkan akan menjadi daya ungkit terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Belitung Timur.
-
Thursday night (10/28/2021), a night of river tradition is part of the series of Events Explore the wonderful spice route of East Belitung 2021. This event was held at Tebat Rasau Geosite, Lintang Village, Simpang Renggiang District.

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
Penulis: 
Hardinata
Fotografer: 
Hardinata
Bidang Informasi: 
Kominfo

Berita

19/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
12/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
09/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
27/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
26/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
22/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
20/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
18/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
13/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...

Berita Berdasarkan Kategori