LASKAR ENGGRANG CHALLANGE 50 KM, DI REPLIKA SD LASKAR PELANGI BELITUNG TIMUR

Kamis (21/10/2021), Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Raden Isnanta melepas secara resmi Laskar Enggrang Challange 50 km di Replika SD Laskar Pelangi Desa Lenggang Kecamatan Gantung - Belitung Timur.

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memeriahkan Pekan Olahraga Tradisional Nasional (Potradnas) VIII, dimana Potradnas VIII akan dilaksanakan selama 4 hari (21 s/d 24) di Kabupaten Belitung.

Rombongan Enggrang dari Komunitas Raja Enggrang didampingi puluhan anak-anak sekolah dari Komunitas Enggrang lokal Belitung Timur akan menyusuri beberapa destinasi wisata di Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memasyarakatkan olahraga tradisional yang mulai terlupakan atau memudar dikalangan masyarakat Belitung Timur khususnya dan nasional pada umumnya.

Replika SD Laskar Pelangi adalah salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama sebelum pandemi Covid-19. Memori akan Film Laskar Pelangi terutama proses belajar dan mengajar anak-anak SD Muhamadiyah adalah moment paling menyentuh hati nurani, hal ini membuat bangunan replika SD tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Sementara itu, Deputi III Kemenpora RI Raden Isnanta mengatakan dengan dimulainya kegiatan Potradnas ini, kita berharap kegiatan atraksi olahraga tradisional yang dipadukan dengan pariwisata akan kembali dapat berkembang di Indonesia dan terutama di Pulau Belitong.

Beliau juga menambahkan ''kita jahit permainan tradisional dengan pariwisata, intinya sport tourism, filosofi kegiatan olahraga yang bernuansa budaya ada atraksinya disana''.

Olahraga tradisional juga merupakan atraksi daya tarik wisata, dimana pertunjukan permainan olahraga tradisional akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang guna menyaksikan pertunjukan tersebut.
-
Thursday (21/10/2021), the Deputy for Sport Cultivation of the Ministry of Youth and Sports Republic of Indonesia Raden Isnanta officially released ''Laskar Enggrang Challenge 50 km at the Laskar Pelangi Elementary School Replica (tourist destination), Lenggang Village, Gantong District - East Belitung.

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
Penulis: 
Hardinata
Fotografer: 
Diskominfo Belitung Timur
Bidang Informasi: 
Kominfo

Berita

19/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
12/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
09/05/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
27/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
26/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
22/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
20/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
18/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...
13/04/2022 | Dinas Kebudayaan dan Pa...

Berita Berdasarkan Kategori