ASPIRING BELITUNG ISLAND GEOPARK

Pulau Belitong memiliki potensi alam yang sangat kaya, potensi ini akan memberikan manfaat positif bagi kehidupan masyarakatnya apabila dikelola dengan baik. Menurut Ibu Dyah Erowati (Ketua BP. Geopark Belitong) Geopark adalah suatu wilayah yang harus dikelola dengan baik sebagai warisan geologi internasional, pengelolaan geopark harus melibatkan peran serta pemerintah daerah setempat, komunitas dan masyarakat. Geopark berdampak luas pada kehidupan masyarakat pulau belitong antara lain produk ekonomi kreatif masyarakat, pendidikan melalui kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengenalkan geopark dalam muatan lokal/ekstrakurikuler dan pariwisata dengan memberikan narasi pada destinasi-destinasi wisata di pulau belitong.

Badan Pengelola Geopark Belitung juga menawarkan agenda perjalanan wisata kepada wisatawan dengan nama Geotrails Belitong Island Geopark. Perjalanan wisata ini akan mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang ada dikedua kabupaten di Pulau Belitong antara lain Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Bukit Paramun (Kab. Belitung), Pantai Batu Pulas, Hutan Kerangas, Sumber Air Panas, Bukit Pangkuan, Stoven, Open Pit, Air Terjun Dam 2, Kelenteng Dewi Kwan Im, Pantai Bukit Batu, Pantai Burong Mandi, Pulau Buku Limau, Museum Kata, Replika SD Laskar Pelangi, Kampoeng Ahok, Batu Buyong, Pantai Pulau Pandan, Pantai Punai dan Situs Makam Raja Balok (Kab. Belitung Timur).

1. OPEN PIT

(Open Pit terletak di Desa Senyubuk Kec. Kelapa Kampit. Open pit adalah sebuah lubang besar bekas tambang timah yang ditengah-tengahnya terdapat danau biru nan cantik dan terowongan bawah tanah ± 700 m)

2. HUTAN KERANGAS

(Hutan Kerangas terletak di Desa Buding Kec. Kelapa Kampit. Hutan Kerangas adalah hutan yang tumbuh diatas tanah podsol, tanah pasir kuarsa, miskin hara, kadar oksigen rendah, terdapat lapisan besi di dalam tanah dan pH rendah (Whitmore,1984).  

3. SUMBER AIR PANAS

(Sumber air panas ditemukan di Desa Buding Kec. Kelapa Kampit, letaknya dekat dengan jalan utama ± 100 m. Menurut informasi terakhir sumber air panas ini adalah satu-satunya yang terdapat di Pulau Belitong)

4. AIR TERJUN DAM 2

(Air Terjun Dam 2 terletak di Desa Burong Mandi Kec. Damar, air terjun ini memiliki air yang jernih dikelilingi pepohonan hijau dengan debit air akan besar pada musim penghujan. Air Terjun Dam 2 dibangun pada masa penjajahan belanda)

5. KELENTENG DEWI KWAN IM

(Kelenteng Dewi Kwan Im terletak di Desa Burong Mandi Kec. Damar. Kelenteng ini adalah kelenteng tertua di Pulau Belitong dan sangat unik karena dibangun diatas area perbukitan yang terdapat batu-batu besar)

6. PANTAI BURONG MANDI

(Pantai Burong Mandi terletak di Desa Burong Mandi Kec. Damar, pantai ini memiliki pasir yang putih berpadu dengan perahu kater yang berwarna warni. Terdapat juga warung makan minum masyarakat yang menyajikan menu khas belitong dan air kelapa muda)

7. PULAU BUKU LIMAU

(Pulau Buku Limau terletak di Desa Buku Limau Kec. Manggar, pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang indah dengan karang-karang yang masih terjaga kondisinya)

8. REPLIKA SD LASKAR PELANGI

(Replika SD Laskar terletak di Desa Lenggang Kec. Gantung, bangunan replika ini pernah dijadikan tempat syuting Film Laskar Pelangi yang sangat masyhur. SD Muhammadiyah merupakan bagian cerita yang terdapat dalam Novel Laskar Pelangi)

9. KAMPONG AHOK

(Kampong Ahok terletak di Desa Lenggang Kec. Gantung, Kampong Ahok adalah sebuah rumah tradisional belitong yang dibangun didepan rumah Ir. Basuki T. Purnama. Terdapat berbagai menu jajanan khas belitong dan batik simpor di Kampng Ahok)

10. GUNONG LUMUT

(Gunong Lumut terletak di Desa Limbongan Kec. Gantung, di puncak gunong lumut terdapat hamparan luas lumut yang hijau kekuning-kuningan seperti sebuah karpet raksasa)

11. BATU BUYONG

(Batu Buyong terletak di Desa Tanjung Batu Itam Kec. Simpang Pesak, batu ini letaknya sangat unik karena terlihat akan mengelinding jatuh kelaut. Pemandangan disekitar batu buyong sangat indah, ideal untuk hunting photo)

Geotrail Belitung Island Geopark:

  • Jalur 1: Tanjung Kelayang - Tanjung Tinggi - Peramun Hill - Batu Pulas - Batu Bedil - Hutan Kerangas - Sumber Air Panas Desa Buding - Bukit Pangkuan  - Stoven - Nam Salu Open Pit - Air Terjun DAM 2 - Pantai Burung Mandi - Vihara Dewi Kwan Im - Pantai Bukit Batu - Pulau Buku Limau - Kampoeng Ahok - Laskar Pelangi - Tanjung Pandan
  • Jalur 2: Tanjung Pandan - Situs Makam Raja Balok - Pantai Punai - Pantai Pulau Pandan - Batu Buyong - Gunong Lumut - Kampoeng Ahok - Laskar Pelangi - Tanjung Pandan
Penulis: 
Hardinata
Sumber: 
Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
File: 
AttachmentSize
Image icon RDVS_GEOPARK 2.jpg1.04 MB

Artikel

08/12/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
17/11/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
27/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
13/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
29/09/2017 | Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
23/05/2017 | Hardinata
110 kali dilihat
12/08/2016 | Novalita
107 kali dilihat
28/10/2016 | Israul Khairi
85 kali dilihat
02/05/2017 | Bernadeta Berlian - SMA Gonzaga (jakarta)
77 kali dilihat
21/02/2017 | Hardinata
76 kali dilihat