AC..Sekolah ikatan dinas pertama di Pulau Belitong

Masyarakat pulau Belitong menyebut sekolah ini dengan nama AC, nama itu adalah singkatan dari ambacht cursuus sebuah sekolah setara SLTA. Sekolah yang dibangun pada 1928 ini merupakan sekolah ikatan dinas pertama di Pulau Belitong, lulusannya langsung berkerja di perusahaan tambang timah swasta Belanda NV GMB. Wajar bila banyak anak - anak Belitong berlomba - lomba masuk sekolah ini, jurusan yang tersedia yakni teknik mesin dan listrik.

Setiap tahun sekolah ini hanya menerima 40 siswa baru yang dibagi kedalam dua jurusan tersebut. Seleksi dilakukan secara terbuka dan sangat ketat, para siswa mendapat uang saku bulanan serta jatah ransum layaknya seorang karyawan. Sedangkan para siswa dari luar daerah disediakan asrama. Kurikulum AC menerapkan enam hari belajar, yang digunakan untuk teori selama dua hari dan praktik selama empat hari, kegiatan praktik langsung dilakukan dibengkel milik perusahaan timah.

Siswa yang tidak naik kelas langsung didepak, pada jelang akhir masa pendidikan setiap siswa diwajibkan membuat sebuah karya sesuai bidangnya. Wajar bila kemudian kemampuan lulusan AC sangat mumpuni, satu diantara lulusannya adalah H.AS Hanandjoeddin, bupati pertama dari anak warga belitong. Kemampuan teknik mesin dari AC menjadi bekal Hanandjoeddin saat merintis perbaikan pesawat eks Jepang yang dimiliki TNI diawal masa Kemerdekaan Republik Indonesia. Eks. Sekolah AC berada di Desa Lalang Kecamatan Manggar, bangunannya kini digunakan oleh SMK Stannia Manggar.

STM Stannia (vocational enginerering school) building ''nowdays'', used to be AC (ambatch school) building. The building is one of the heritage that built by the dutch colonial period on 1928, through the development of tourism sector in Belitong Island generally and East Belitung specially, a smaller building that located next to main building is planed to be a Belitong's Tin Historical Gallery.

Penulis: 
Majalah VB Edisi 27 Tahun ke- VII 2019
Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur

Artikel

06/10/2020 | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
04/03/2020 | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
20/02/2020 | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur
03/02/2020 | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur