Potensi Geopark & Bahari Untuk Pengembangan Pariwisata Beltim

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung kunjungi kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Belitung Timur, hari ini (15/3). Kunjungan mereka ke Disbudpar Belitung Timur atau lebih dikenal dengan Objek Wisata Unik Ngenjungak (OWUN) dalam rangka memenuhi kurikulum akademik 2016-2017, Program Studi (S1) Studi Destinasi Pariwisata/Small Scale Research (SSR).

Kunjungi Pulau Belitung selama 3 hari, mereka akan melakukan berbagai kegiatan observasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman akademis dan praktis mengenai proses penelitian yang baik dan benar, sehingga mahasiswa/i mampu mengaitkannya dengan teori-teori yang mereka pelajari dan permasalahannya selama penelitian berlangsung.

Rombongan langsung disambut oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, dr. Helly Tjandra yang juga merangkap sebagai Manager OWUN. Kemudian rombongan dipersilahkan untuk melihat satu demi satu koleksi yang ada di OWUN dengan didampingi oleh guide lokal. Mahasiswa/i ini sangat antusias ketika diajak melihat bonbon (buaya) dan monmon (tarsius) serta bermain atraksi batu putar.

Kepala Disbudpar Belitung Timur berikan paparan didepan rombongan STP Bandung dan Ibu Dia Erawati (Ketua Badan Pengelola Tim Geopark Pulau Belitung) yang juga hadir pada saat pemberian paparan. Dalam paparannya dr. Helly Tjandra berbicara mengenai ‘’Belitung Timur memiliki potensi bahari dan geopark untuk pengembangan sektor pariwisatanya. Open pit, gunong lumut, air terjun dam II serta pulau buku limau merupakan contoh destinasi wisata yang berbasis pada potensi tersebut’’.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi berdialog antara Kepala Disbudpar Belitung Timur dan Ibu Dia Erawati dengan mahasiswa/i STP Bandung. Ketika ditanya oleh salah seorang mahasiswa mengenai pariwisata Belitung Timur, dr Helly Tjandra menjawab ‘’kami sangat serius mengembangkan pariwisata Belitung Timur dengan memanfaatkan potensi yang ada. Salah satu dari upaya tersebut yaitu dengan menjadikan kantor Disbudpar Belitung Timur menjadi destinasi wisata unik. Walaupun seringkali mengalami permasalahan dengan sinergitas dalam pengembangannya’’

Diharapkan dengan kunjungan dari STP Bandung ke Disbudpar Belitung Timur akan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan pariwisata Belitung Timur. Mahasiswa/i bisa mendapatkan informasi dari sumber yang tepat mengenai pariwisata Belitung Timur saat ini. Kemajuan sektor pariwisata akan berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat Belitung Timur (VB_Disbudpar Beltim)

Sumber: 
Disbudpar Kabupaten Belitung Timur
Penulis: 
Hardinata

Berita

17/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
12/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
11/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
10/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
09/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
05/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...
04/10/2017 | Disbudpar Kabupaten Bel...